Minggu, 18 Agustus 2013

Cara Membuat SKCK (Saya buat di kota Bogor)

Hii...Ini post pertama saya di blog ini :)

Selasa, 13 Agustus 2013 saya datang ke polres bogor untuk membuat SKCK untuk suatu keperluan. Polres bogor ada di jln.kapten muslihat (sebrang stasiun bogor atau sebelah matahari dept store). Ini pertama kali saya buat SKCK lhoo...hihihi.. lihat syaratnya yuuuk..

Syarat membuat SKCK:



Kalau bacaan di gambar kurang jelas, saya perjelas disini yak:

Pembuatan SKCK baru

  • KTP asli dan fotocopy yg masih berlaku (tempat pembuatan skck harus sesuai dengan ktp domisili),contoh: saya membuat skck di bogor karena ktp saya ktp bogor padahal saya sekarang tinggal di depok tapi belum urus surat pindah domisili :p
  • Foto ukuran 4x6 (4 lembar) background merah (perempuan ataupun laki-laki dan tidak ada perbedaan tahun lahir ganjil genap),intinya apapun alasannya backgroundnya harus merah :)
Perpanjang SKCK
  • KTP asli dan fotocopy yg masih berlaku (tempat pembuatan skck harus sesuai dengan ktp domisili)
  • SKCK asli yang lama
  • Foto ukuran 4x6 (4 lembar) background merah (perempuan ataupun laki-laki dan tidak ada perbedaan tahun lahir ganjil genap),intinya apapun alasannya backgroundnya harus merah :)
Alur pembuatan SKCK:
  1. Datang ke loket pelayanan skck. Kita akan diminta perlihatkan ktp asli lalu kita akan diberi form pembuatan skck.
  2. Isi form tersebut ga usah terburu-buru,perhatikan baik-baik pertanyaannya karena pengalaman saya ada yang dimarahi bu polwan karna yang ditanya tempat dia malah isi tanggal alhasil dimarahin depan umum deh,mungkin polwannya lg cape,seharusnya sih ga boleh marah tp yoweeslah..ga tau harus coment apa.
  3. Bila membuat skck baru lanjut ke tempat sidik jari tp kalau perpanjang gak perlu ke tempat sidik jari. Tempat sidik jari di polres bogor ga jauh dari loket pembuatan skck,mungkin polres tempat lainpun begitu. Pengalaman saya di tempat sidik jari ini diminta 10.000 rupiah,padahal sih ga ada aturannya...entahlah ini merupakan pungli atau bukan,sama kaya td saya ga bisa coment apapun ttg ini...
  4. Lalu lanjut kasih formnya ke loket awal,disini diminta 10.000 rupiah lagi tapi kali ini pungutan resmi karena ada di kertas pengumuman yang ditempel di loket,terus tunggu deh sampai dipanggil untuk ambil skck, kalau lagi ga ngantri cepet ko jadinya...
  5. Fotocopy skck yang udah jadi buat di legalisir biar ga bolak balik lg, saya waktu itu copy 5 terus dikasih ke loket pelayanan skck lagi dan ga lama dipanggil lagi deh buat ambil copyan yang dilegalisir...
Yang perlu diperhatikan untuk persiapan pembuatan skck..
  • Pulpen perlu bgt buat isi form karna ga disediaiin n loket ga kasih pinjem juga
  • fotocopy ktpnya jadi ga perlu cari-cari tempat fotocopy deket polres (di polres bogor fotocopy ada di depan sebelah kiri polres)
  • siapkan foto kalau bisa dilebihin takutnya ada foto yang keselip atau ilang,terus biar ga ribet cari tempat cetak foto (kalau cari tempat foto atau cetak foto di deket polres bogor ada di dalam taman topi squere,tanya aja ke satpamnya ntar dikasih tau tempatnya)
  • Siapkan uang lebih, saya di polres bogor keluar uang 20.000 rupiah, resminya sih harusnya 10.000. entahlah kalo di polres lain.
  • skck berlaku 6 bulan kalau mau buat skck kalau bisa jangan dekat-dekat pembukaan mahasiswa baru atau pas mau ada tes cpns soalnya bakal nguantriii...n kalau ternyata pas barengan mending datang dari pagi soalnya jam 12 mereka break makan siang.
sekian pengalaman saya buat skck baru, semoga bermanfaat :)

23 komentar:

  1. thx y...infonya berg7na bgt huat sy yg bru mo pertama x bikin skck.udh searching2 cm ini yg persyaratannya g neko2.hihi.yg lain mah hrus ada yg pake pentantar rt rw,hrus ke kelurahan.pusing deh,,,,

    BalasHapus
  2. kalo ktp masih daerah lain pake surat domisili dr tempat tinggal skarang bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mba saya belum pernah coba :(
      tapi mungkin mba bisa langsung tanya ke bagian informasi di kepolisian :D

      Hapus
  3. Pas banget, mau bikin skck di bogor nih.. (Baru pindah soalnya)
    ini gak perlu surat pengantar dari rt/rw segala macem ya?

    BalasHapus
  4. ga perlu mas fajar cukup bawa ktp yg sudah domisili bogor aja :)

    BalasHapus
  5. Thanjs infonya yah mba..
    tp aku mw tnya, skck udah mati sejak 2 th lalu, kira2 masih bisa gk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo skcknya masih ada dibawa aja skck aslinya tinggal perpanjang jadi ga perlu buat baru pake sidik jari lagi dan tinggal penuhin syarat perpanjang skck. semoga membantu infonya :)

      Hapus
  6. mba..polres tempat pembuatan skck itu yg ddepan taman topi atw ddaerah jalan raya bgor (kedung halang) ya?

    BalasHapus
  7. Polres kota bogor untuk pembuatab skck yg di depan taman topi :)

    BalasHapus
  8. mbak.. sy domisi makassar, pembuatan skck ku juga dari makassar, kalau mau perpanjang d jakarta bisa ngk yaa? soalnya sy skrng ada d jkt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas nurwan saya mohon maaf untuk beda domisili saya kurang paham,mungkin mas nurwan nisa langsung tanyakan ke bagian informasi polres pembuatan skcknya :)

      Hapus
  9. mau nanya, apa perlu pakai surat pengantar? saya kab.bogor. makasih.

    BalasHapus
  10. Tidak perlu mas dimas cukup bawa ktp domisili mas dimas,kalo mas dimas domisil kab bogor langsung ke polres kab bogor saja jgn lupa persyaratannya dibawa :)

    BalasHapus
  11. maaf mba Novi ... mau tanya ... kira2 SIM bisa sebagai pengganti KTP ga ya ??? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo info dr selebaran syarat yg ditempel di polres hanya bisa ktp atau fotocopy ktp yg masih berlaku mas jangan lupa sesuai domisili y mas :)

      Hapus
  12. ass, bu mau tanya besok sy mau bikin skck, jadi gausah yah pengantar rt terus ke kelurahan bogor utara dulu? sy mau perpanjang ternyata tanggalnya sudah terlewat bulannya :( makasih bu..

    BalasHapus
  13. kalau bisa skck online lebih cepat nih
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  14. fofm nya tu di isi semua gak mb

    BalasHapus
  15. Hallo Mbak...
    mau tanya, kalo sekarang persyaratannya masih sama gak untuk pembuatan SKCK baru?
    mohon infonya ya mbak ^^

    BalasHapus
  16. assalamualaikum wr.wb. mba untuk administrasi SKCK bayarnya 20.000 itu untuk SKCK aja apa buat yang lainnya??terima kasih

    BalasHapus
  17. smpe jam berapa ya mbak
    sabtu buka ga ya.mksh

    BalasHapus
  18. Mba saya mau buat skck tapi ktp belum jadi tpi saya punya ket. Domisilinya ajja mba apakah boleh membuat skck pakai ket. Domisili saja??

    BalasHapus