Rabu, 21 Agustus 2013

Jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan sekaligus ke Pusat Primata Schmutzer..SERUUU !!!

Minggu 18 Agustus 2013 saya dan suami pergi jalan-jalan ke Ragunan sekaligus suami ingin saya lihat gorila..soalnya dia udah pernah liat jd bikin saya penasaran :) Kalo ke Ragunan saya udah beberapa kali tapi kalo ke pusat primata schumtzer bakal jd yang pertama kalinya..hihiii sebenernya sih pengen liat seberapa besar gorila lhoo..


Ternyata Ragunan lagi rame bgt berhubung hari terakhir anak-anak sekolah libur tooh..o..ow saat masuk yang saya liat sampah byk sekali berserakan selain itu byk sekali pengunjung yg memilih tidur-tiduran di tikar..woww ini malah jd banyakan orangnya dibanding binatangnya yaah..hehe...
Akhirnya saya dan suami memutuskan langsung ke tempat pusat primata schmutzer. Ternyata suami saya lupa tempatnya dimana..hihiii iya deh soalnya ragunan kan luas. Akhirnya tanya2 petugas deh n ditunjukin kalo dari pusat informasi tinggal lurus ke arah selatan atau tinggal lurus ke central area lalu disana kita akan ketemu loket masuk pusat primata schmutzer..oke deh biar ga bingung liat peta di bawah ini yuuu



Pasti ada yang agak bingung yaah kenapa disini saya tulis ketemu loket masuk..oke oke itu karena pengelolaan pusat primata schmutzer tidak diserahkan pada kebun binatang ragunan akan tetapi dikelola swasta yang dana pendiriannya berasal dari The Gibon Foundation,kalo masih ada yg penasaran boleh ke http://id.wikipedia.org/wiki/Pusat_Primata_Schmutzer 

Tapi tenang walaupun dikelola swasta tarif masuknya bersahabat kok..liat info tarifnya disini yuuk..



Pasti kalo udah dapat tiket tentunya ingin cepat-cepat masuk tp uupps tunggu dulu..untuk masuk ke area pusat primata schmutzer aturannya berbeda dengan masuk ke area kebun binatang ragunan karena kita tidak boleh membawa makanan apapun tanpa terkecuali dan kita juga tidak boleh membawa minuman kemasan kalo minuman di tempat minum seperti tuppe*w**r boleh koq. Kalo ada yang curi-curi tetep bandel bawa makanan ga bisa lhoo karena ada petugas yang akan periksa tas kita. Oia jangan bingung makanan kalian harus dikemanain karena saya dan suami waktu itupun membawa makanan. Disana disediakan tempat penitipan makanan dan minuman sekaligus kita juga bisa titip sama tas2nya biar ga berat jd kita cukup bawa dompet kamera dan hp. Bagi yang tidak punya minum jangan khawatir karena di dalam ada tempat untuk minum gratis lhoo...nyaman kan :)

Saat pertama masuk saya langsung terkesan betapa bersihnya tempat ini..sangat jauh berbeda dengan area kebun binatang ragunan. Ternyata aturan kalo diawasi petugas benar2 efektif yaah..tapi masa koq harus ada petugas teruus..hihihiii...

Jam menunjukkan pukul 12 siang teng saat saya baca informasi ternyata jam 12 siang adalah salah satu jam pemberian makan gorila akhirnya saya dan suami langsung menuju tempat gorila pensaran liat mereka lagi makan..ini hasil jepret saya gorila lagi makan :)


Hihii besar kan gorilanya tapi jangan khawatir aman koq tempatnya..terus disini tuh benar2 nyaman kita tinggal menelusuri jalan setapak untuk liat primata-primata lainnya seperti boti,beruk,bekantan dll..untuk info tentang pusat primata schmutzer bisa kunjungi link ini http://ragunanzoo.jakarta.go.id/ragunan/index.php?option=com_content&view=article&id=153&Itemid=40&lang=id kalo dibawah ini ada hasil jepret saya untuk bekantan..si primata dufan berhidung mancung..pertama kali juga lhoo saya liat bekantan :)


Kalo kalian cape disediain juga tempat duduk nyaman di pinggir kalan setapaknya..ga nyesel deh pokoknya wisata kesini. Setelah saya cape dan hampir seluruh area primata disini saya lihat saya pergi ke taman, disni bisa narsis untuk foto-foto sama patung primata lhoo..contoh jepret narsis saya di goa yang mirip goa untuk tidur gorila..

Baiklah saya sudah lihat primata-primata disini dan sudah narsis juga lalu saya dan suami keluar dari area primata-primata. Saat saya mau menuju pintu keluar  saya dan suami lihat ada tempat bernama pusat informasi primata schmutzer..dan sekali lagi betapa terkejutlah saya dan suami. Tempat yang seharusnya menjadi tempat kita membaca informasi tentang primata dan tentang yayasan schmutzer malah dijadikan tempat duduk-duduk bahkan tidur2an.Hampir 100% lhoo yang ada di dalam sini duduk2 dan tidur2an atau ga cuma foto..hoalaaahhh ironis bgt. Emang sih habis panas2 diluar nyess bgt masuk kesini karena ruangan ber-AC tp apapun alasannya ttp ga boleh dong..padalah sudah jelas aturannya ditulis tidak boleh duduk2 atau tidur2an..ya ampuuun masa harus ada petugas dulu sih baru aturan berjalan :( baiklah saya dan suami baca2 tentang primata, ya ampuun kasihan sekali yah primata-primata ini ternyata, habitat mereka banyak dirusak manusia bahkan primata dibunuh padahal primata termasuk binatang langka...sedih rasanya. Banyak info yang dapat diperoleh dari pusat informasi ini dan sepertinya kita harus berterimakasih pada almr.freu schmutzer. Ayooo wisata ga perlu mahal koq, datang bareng keluarga asik bgt kesini nambah pengetahuan juga tentang primata, apalagi kalo sudah punya anak..uuh serunya ngajarin mereka secara langsung menyayangi primata yang sudah langka ini :)

Semoga info tentang wisata di pusat primata schmutzer ini bermanfaat untuk kalian :)



5 komentar: